Senin, 12 September 2016

Struktur dan Fungsi Sel

Sel
  • Unit fungsional terkecil dari makhluk hidup
  • Terdiri dari protoplasma >inti sel.                                                                                         > sitoplasma (cairan sel)                                                                   > membran sel

  • Jenis sel: prokariotik (tidak punya membran inti)                                              Eukariotik (pumya membran inti)
  • Memiliki organel organel sel
Perbedaan sel hewan dan tumbuhan







Organisasi sel

a. Nukleus
   Nukleus merupakan bahan inti yang dibungkus oleh membran inti      yang merupakan organ ganda.

b. Retikulum endoplasma
   Organel sel yang hanya ditemukan pada eukariot, berupa                  tumpukan membran, yang sering berhubungan dengan membran        inti. Secara umum retikulum endoplasma berfungsi untuk                  transportasi protein dan sintesis bahan-bahan pembentukan              membran pada sel eukariot.

c. Ribosom
   Organel yang berperan dalam sintesis protein, ditemukan baik          pada sel eukariot maupun prokariot. Ribosom membangun protein      dalam dua lokasi sitoplasmik yaitu: 

  • Ribosom bebas, tersuspensi dalam sitosol > menghasilkan protein yang berfungsi di dalam sitosol.
  • Ribosom terikat, terletak pada bagian luar jalinan membran untuk pembungkus dalam organel atau untuk dikirim ke luar sel.
d. Badan golgi
   Organel berupa tumpukan membran dengan ujung-ujung saluran      tertentu mengembung, berisi protein atau zat-zat lain yang                disintesis retikulum endoplasma.


e. Lisosom
   Organel yang tersusun oleh enzim-enzim hidrolitik yang dibungkus    oleh selapis membran. Enzim enzim hidrolitik tadi berperan dalam.    proses pencernaan intraselluler, autofagi dan autolisis

f. Mitokondria
   Organel sel yang memiliki membran ganda (membran dalam dan        membran luar)

g. Plastida
   Organel sel ini terdiri dari membran ganda dan membran tilakoid.      Bagian dalam organel ini disebut stoma yang mengandung DNA        ektrakromosom, RNA, Ribosom dan enzim.
   Diklasifikasikan berdasarkan pigmen yang ada pada membran          tilakoid nya, yaitu: kloroplast (mengandung klorofil), kromoplast        (mengandung karotenoid) dan leukoplast (tidak mengandung            pigmen). Kloroplast dan kromoplast terlibat dalam proses                  fotosintesis. Organel ini hanya ada pada sel eukariot.

h. Badan mikro
   Organel yang berisi enzim tertentu yang dibungkus oleh selapis        membran. Contoh peroksisom yang berisi katalase untuk                  menguraikan hidrogen peroksida dan glioksisom yang berfungsi        mengubah lemak menjadi sukrosa.

i. Mikrofilamen
  Benang-benang protein yang lembut, berperan dalam gerakan sel.

j. Mikrotubulus
  Merupakan tabung-tabung halus dari protein yang disebut tubulin.   Mikrotubulus terkait dalam pembentukan sentriol, silia, dan flagela.   Fungsi lain mikrotubulus untuk kerangka sel.

k. Vakuola
   Organel berupa kantung yang dibungkus selapis membran.
   Fungsi organel ini antara lain

  1. Membangun turgor sel
  2. Menyimpan cadangan makanan
  3. Menyimpan sisa-sisa metabolisme
  4. Pada vakuola tumbuhan terkadang mengandung enzim hidrolitik atau pigmen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar